Penyuluhan Gosok Gigi dan Cuci Tangan yang baik dan benar

WhatsApp Image 2017-08-21 at 10.28.01

Hari jumat tanggal 4 Agustus 2017, kegiatan penyuluhan cuci tangan dan gosok gigi berisi kegiatan penyuluhan tentang cara cuci tangan yang benar sesuai SOP dan cara menggosok gigi yang benar. Kegiatan ini bertempat di SDN 2 Poncogati jam 08.00 WIB. Kegiatan penyuluhan tentang gosok gigi dan cuci tangan yang benar ini diikuti oleh siswa – siswi kelas 1 dan beberapa siswa – siswi kelas 5 dan 6. Sebelumnya kegiatan penyuluhan gosok gigi yang benar ini rutin dilaksanakan oleh pihak puskesmas yang bertugas, namun untuk penyuluhan cuci tangan yang benar baru diadakan pertama kali di SDN 2 Poncogati ini.

WhatsApp Image 2017-08-21 at 10.28.06

Kegiatan penyuluhan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan manfaat dan cara yang baik dan benar serta untuk memberikan motivasi untuk anak-anak agar lebih bisa menjaga kesehatan dan  kebersihan gigi dan tangan yang baik dan benar dan bisa dilakukan sesuai SOP dan dilakukan dengan rutin. Namun sebelum hari H dimulai, kami bertemu dengan dan berdiskusi bersama kepala sekolah untuk meminta izin. Setelah diizinkan oleh kepala sekolah, pada hari H kami langsung melakukan penyuluhan kepada adik – adik SDN 2 Poncogati.

WhatsApp Image 2017-08-21 at 10.27.45

Terlihat antusias mereka menyambut kedatangan kami dengan sorak gembira dan senyuman. Pemaparan materi di awali dengan penyampaian materi tentang apa itu cuci tangan, manfaat cuci tangan yang benar, kapan saja cuci tangan yang benar dilakukan. Di lanjutkan dengan memberikan penyuluhan tentang gosok gigi yang benar. Sama halnya dengan penyuluhan cuci tangan yang benar, pemaparan materi terakhir yaitu gosok gigi yang benar di mulai dengan apa itu gosok gigi yang benar, manfaat gosok gigi yang benar, dan kapan gosok gigi yang benar. Di akhir sesi kami menyediakan waktu untuk adik – adik mengajukan pertanyaan dan memberikan kesan pesan. Tak lupa di akhir acara kami mengajari adik – adik SDN 2 Poncogati cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar lewat lagu, hal ini kami lakukan agar adik – adik SDN 2 Poncogati mudah mengingat apa yang telah kami berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *