Pelatihan Adminduk melalui Aplikasi Zoom

27 Juli 2020, Desa Poncogati, tepatnya pada jam 07.00 telah ikut serta dalam Pelatihan ADMINDUK berbasis elektronik, menggunakan tekhnologi informasi dan komunikasi dimasa pandemi Covid 19, Pandemi Covid 19 memiliki dampak yang sangat besar terhadap tata kelola administrasi dalam segala bidang. tidak terkecuali bidang administrasi kependudukan juga harus menyesuaikan agar supaya tetap berperan aktif dalam peningkatan pelayanan terhadap warga desa.

Pelayanan terhadap setiap kebutuhan warga desa diwilayah Desa Poncogati sangat penting dan memiliki peranan paling utama. Pelayanan Adminduk merupakan hal yang niscaya diperlukan untuk segala jenis kebutuhan permintaan bersifat administratif. Bentuk administrasi kependudukan seperti halnya (KTP, KK, Akta Lahir, Akta Kematian, KIA).

Pelayanan Administrasi kependudukan kini dapat dibantu oleh FAD (Fasilitator Adminduk Desa), tercatat pertanggal 27 Juli 2020, FAD (Fasilitator Adminduk Desa) telah dilatih melalui aplikasi ZOOM Meeting di Kecamatan Curahdami. Selanjutnya dalam beberapa hari kedepan akan dilaksanakan pelatihan lanjutan, sehingga betul-betul memahami dan dapat membantu untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan terhadap administrasi Kependudukan di wilayah Desa Poncogati.

PERAN DAN FUNGSI FAD (FASILITATOR ADMINDUK DESA):

  1. Membantu Masyarakat dalam Mengurus Adminduk di Desa (KTP, KK, Akta Lahir, Akta Kematian, KIA;
  2. Membantu Kasi Pemerintahan dalam melakukan pencatatan lahir, mati, pindah dan datang serta kepemilikan dokumen Adminduk dalam Buku Induk Kependududkan Desa serta mengelola dan menyajikan laporan kependudukan ditingkat Desa;
  3. Melakukan Identifikasi, verifikasi dan fasilitasi permohonan dokumen kependudukan;
  4. Memberikan Sosialisasi dan Pemahaman kepada Masyarakat tentang Pentingnya kepemilikan dokumen adminduk.

Melalui terbentuknya FAD (Fasilitator ADMINDUK Desa) diharapkan pelayanan Administrasi secara Online dapat terpenuhi dengan baik, serta dapat membantu masyarakat Desa Poncogati untuk mengurus dokumen-dokumen ADMINDUK yang dibutuhkan oleh masyarakat Desa Poncogati. Rec.(Op.Desa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *