Harap Tunggu ....

Change Color

MUSDES PENYUSUNAN “RENCANA KERJA PEMERINTAH DESA” (RKPDes)

Musdes penyusunan Rencana kerja Pemerintah Desa ( RKPDes ) tahun anggaran 2023 desa Poncogati Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Yang di sediakan oleh badan permusyawaratan desa ( BPD ). Digelar pada hari kamis tanggal 22 September 2022 di kantor desa Poncogati.WhatsApp Image 2022-10-05 at 19.55.10.jpeg

Musdes RKPDes desa poncogati dihadiri oleh Kepala Kecamatan Curahdami bapak RADEN SAUDI YOURDAN ISLAMI TAUFIK,S.STP, KASI SOSIAL Kecamatan Curahdami Bapak BAHRUL ISLAM.

Turut hadir sebagai undangan ,LKMD,ANGGOTA BPD, KETUA RT,KETUA RW,PERANGKAT DESA serta PENDAMPING DESA.

Mengawali sambutannya kades poncogati bapak JUHARI mengucapkan terimakasih kepada hadirin peserta musdes dalam arahanya bapak kades menyampaikan bahwa usulan ditahun 2021 yang belum terealisasi dapat diusulkan kembali untuk tahu anggaran 2023.Dalam kesempatan itu pula kades berpesan pada perangkat desa jika Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) Penerima Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) dan Bantuan Langsung tunai Bahan Bakar Minyak ( BLT BBM ) yang ganda dengan Bantuan Lagsung Tunai Dana Desa ( BLTDD ) maka BLTDD dialihkan kepada warga yang belum dan berhak mendapakan bantuan.

Dalam kesempatan tersebut bapak YOURDAN berpesan supaya dalam kesempatan yang akan dating jik mengadakan musdes RKPDes yang harus dihadirkan adalah : Perngkat Desa,Ketua RT,Ketua Rw,Anggota BPD,Unsur Perempuan Minimal 30% dari yang hadir,Unsur Pemuda dan Forum Anak serta minimal acara dibukan dan ditutup oleh BPD.

Tak lupa pula beliau berpesan untuk menggali usulan kepentingan untuk anak dan beliau pun mengingatkan visi dan misi yang dituangkan pada RKPDes.

Diakhir tahun masajabatan kades seharusnya tidak ada pengusulan lagi ,Jadi sasa usulan di tahun lalu di selesaikan.

Usulan yang belum dicapai karena pandemi,Berkaitan dengan biaya/dana. Maka pada musdes kali ini diadakan Peringkasan atau prioritas program sesuai dengan VISI dan MISI “MENUJU MASYARAKAT MANDIRI”.

Pada kesempatan yang sama bapak Camat Curahdami juga menjelaskan tentang perkrutan anggota BPD dengan  masa jabatan 5 Tahun. Anggota BPD adalah merupakan keterwakilan wilayah sesuai dengan jumlah penduduk.Dengan jumlah anggota BPD adalah 7 Orang karena Desa Poncogati terbagi atas 11 Dusun maka untuk keterwakilan wilayah aka nada dusun yang digabungkan.

Bagi bakal calon anggota BPD harus mengajukan lamaran kepada panitia seleksi. Jika ada anggota BPD yang mengundurkan diri atau Penggantian Antar Waktu ( PAW ) maka orang kedua setelah yang bersangkutan naik sebagai pengganti tak lipa pula bapak YOURDNAN mengingatkan kepada Kasi Pemerintahan untuk membantu membuatkan Undangan.

Dipenghujung acara pendamping Desa Bapak JOKO Menyampaikan bahwa prioritas anggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLTDD ) di tahun 2023 bisa kurang dari 40% atau lebih,Terkait kemiskinan extreme.

Penulis : SUMARYATIK

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di balaiponcogati@gmail.com