Harap Tunggu ....

Change Color

Kemiskinan masih menjadi suatu permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.  Tentunya masalah ini harus segera dituntaskan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan bermartabat. Dalam rangka menanggulangi masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dapat diartikan sebagai kemampuan individu yang bersenyawa dengan masyarakat dalam membangun keberdayaan masyarakatyang bersangkutan sehingga bertujuan untuk  menemukan alternatif-alternatif baru dalam pembangunan masyarakat. 

Program pemberdayaan masyarakat dilaksanakan dalam rangka menanggulangi masalah kemiskinan serta untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Seperti halnya program   pemberdayaan  masyarakat melalui UMKM “Beryet” Jaya di Desa Poncogati Kabupaten Bondowoso yang menjadi sarana perajin “Beryet” untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.   Program pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan salah satu program yang digalakkan oleh pemerintah dalam menanggulangi masalah kemiskinan serta untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pengembangan  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah perlu dilakukan dengan pendekatan pemberdayaan, dimana partisipasi masyarakat lebih ditekankan.

beryet-1.jpg

Walaupun Bondowoso tidak memiliki wilayah laut, namun Kabupaten Bondowoso memiliki pasar ikan laut terbesar di Jawa Timur yang menjadikannya sebagai pusat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Melihat Kabupaten Bondowoso sebagai Tempat Pelelangan Ikan terbesar di Jawa Timur, menjadikan masyarakatnya membuat tempat ikan (beryet).  Beryet merupakan anyaman dari bambu yang digunakan sebagai tempat ikan hasil tangkapan dari nelayan di laut. Terdapat tiga ukuran beryet, antara lain beryet ukuran kecil, sedang dan besar.

beryet-2.jpg

Pembuatan beryet biasanya dilakukan oleh warga lokal (ibu-ibu) untuk mengisi waktu luang, namun tetap mendapatkan uang hasil yang diperoleh. Umumnya, hasil beryet disetorkan ke pengepul, kemudian mendapatkan uang hasil pembuatan beryet berdasarkan jumlah yang dibuat. “Setiap 100 buah beryet dibandrol dengan harga Rp. 15.000,00 pada waktu musimnya. Saat ini, harga beryet dijual dengan harga Rp. 13.000,00 setiap 100 buah”, ujar Bu Siti Hajar selaku pengrajin beryet.

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di balaiponcogati@gmail.com